Biarkan Dia Pergi

12.11

Aku tahu dia masih sering melirikku. Bahkan sempat dengan jelas dia menatapku, dalam. Kadang hanya sekelebat. Aku sadar dan merasa, dia masih menginginkanku. Bagaimana tidak,
kenangan tiga bulan tidak bisa dibilang sebentar, juga tidak bisa dibilang lama. Dalam tiga bulan itu, banyak hal yang ditorehkannya padaku. Dia begitu bahagia dengan kesederhanaanku. Kecil, sederhana, namun menyamankan. Aku bisa memberi segala yang dia inginkan. Meski kadang itu yang membuatnya sedikit malas. Tapi dia memberi kepercayaan luar biasa padaku.

Sampai akhirnya dia harus pergi. Dia pergi bukan karena perintah atau larangan. Tak ada yang menyuruhnya pun melarangnya. Ini adalah kesepakatan yang katanya dia sudah bicarakan dengan rekannya. Entah rekan yang mana. Entah untuk tujuan apa. Dia bilang untuk meminimalisir    biaya. Tapi untuk apa? Apakah kebahagiaan dan kenyamanan bisa dibeli? Aku ingin berontak jika bisa. Sayangnya, dia keras kepala dan tidak bisa diganggu gugat. Aku hanya pasrah, membiarkan dia pergi.

Pada akhirnya aku tahu, dia pergi untuk bersama yang lain. Tapi aku bisa melihat rona tertekan dalam dirinya. Aku bisa mengerti betapa dia masih merindukanku. Dia masih ingin bersama memori tiga bulan itu. Bukan aku kegeeran. Tapi rasanya dalam hal ini hati yang berbicara. Dia terlihat  menjalani rutinitasnya dengan terpaksa. Tak ada ruh dalam aktivitasnya. Dia tak lagi menunjukkan rona bahagianya. Ah kemana tawa dan senyumnya?

Lalu dia memutuskan untuk pergi jauh. Mungkin ini lebih baik. Pergi saja. Temukan kenyamananmu. Biarkan aku di sini bersama orang baru. Biarlah dia juga menemukan kenyamanan barunya. Mungkin memang ini jalan terbaik. Terima kasih  untuk tiga bulan itu. Dan satu hal yang kau torehkan padaku, yang tak akan pernah kulupakan, tentang Umar Al Faruq. Sampai detik ini aku masih menyimpannya. Terima kasih telah memberitahuku, segalanya. Semoga kau bahagia dan nyaman dengan dunia barumu.

You Might Also Like

0 komentar

Silakan berkomentar, terima kasih sudah menyampaikan dengan sopan :)

My Instagram

Instagram